Kamis, 07 Juni 2012

Dituliskan oleh snowhite di 00.59
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengembangan SI/TI

Hal yang dapat mempengaruhi pengembangan sistem informasi pada sebuah organisasi adalah tradisi organisasi dan pola evolusi yang ada didalam organisasi, Gaya manajemen organisasi dan kecanggihan teknologi informasi yang digunakan serta bentuk manajemen organisasi dalam pengembangan sistem informasi dan produk yang dihasilkan misal produk canggih/berteknologi tinggi,komplek, macam produk, tipe, pasar yang berbeda, dan proses produksi yang berbeda.


Bisnis Internal


Lingkungan bisnis internal:

  1. Strategi bisnis saat ini, tujuan bisnis, sumberdaya, proses bisnis, budaya, serta nilai bisnis.
  2. Manajemen (strenght and weakness) fungsional yaitu pemasaran, keuangan, operasi, SDM, litbang, SIM, budaya perusahaan (corporate culture).
Perpektif bisnis Internal:

Perspektif ini berkaitan erat dengan proses bisnis internal. Perspektif ini menjelaskan bagaimana proses dalam organisasi  dilakukan untuk  mendukung pemuasan kebutuhan pelanggan.  Perspektif ini paling tidak mencakup inovasi produk/ jasa, pelayanan unggul dan proses operasional yang efisien.  Pengukuran-pengukuran yang dikembangkan memberikan kesempatan pada para manajer untuk mengetahui bagaimana bisnis berjalan dan apakah  produk dan jasa sesuai dengan harapan konsumen. Pengukuran  perspektif proses bisnis 
internal dikembangkan dari masing-masing sasaran strategis. Proses berikutnya ditentukan KPI (key performance indicators) dilanjutkan dengan inisiatif strategi dan anggaran. Hal yang juga kritikal dalam proses bisnis internal adalah membangun keunikan. Oleh karena itu, pengukuran harus didesain secara mendalam. Sebagai contoh sasaran strategis meningkatkan inovasi produk. Dalam hal ini manajer dituntut memikirkan bagaimana inovasi produk yang unik sehingga menjadikan produk tersebut unggul di pasar. Pengukuran akan membantu manajer mengalokasikan sebagian dananya untuk inisiatif strategis penelitian dan pengembangan produk serta teknologi informasi.
Proses tersebut dapat digambarkan melalui gambar berikut,
Bisnis Eksternal

Lingkungan Bisnis Eksternal:
  1. Iklim persaingan, industri, dan ekonomi.
  2. Lingkungan luar operasional perusahaan opportunity, threath (tidak dikuasai perusahaan), lingkungan makro (macro environment), lingkungan industri (industrial   environment).
Teknologi Internal
  •                Kondisi SI/TI saat ini,kematangan, kontribusi dan cakuoan bisnis, kektrampilan, sumberdayainfrastruktur teknologi.
Teknologi Eksternal
  •                 Teknologi, dsn peluang, serta pemanfaatan SI/TI olehorganisasi lainnya.
Hubungan antara Teknologi dengan Lingkungan Bisnis atau Perusahaan






















0 komentar:

Posting Komentar

 

Pischa Puspita Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting