Minggu, 08 April 2012

Dituliskan oleh snowhite di 06.14
Korelasi GPRS dengan GSM


GPRS (General Packet Radio Service) adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat jika dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD.

GSM singkatan dari Global System for Mobile Communication
GSM adalah teknologi jaringan nirkabel yang dikembangkan di Eropa dan kini digunakan hampir diseluruh belahan dunia. GSM termasuk dalam teknologi telepon generasi kedua (2G) yang menggunakan teknologi digital untuk menggantikan sistem analog yang digunakan pada generasi pertama (1G).


Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), dan penelusuran (browsing) internet. Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136, walaupun jaringan GPRS saat ini terpisah dari GSM.
GPRS merupakan sistem transmisi berbasis paket untuk GSM yang menggunakan prinsip 'tunnelling'. Ia menawarkan laju data yang lebih tinggi. Laju datanya secara kasar sampai 160 kbps dibandingkan dengan 9,6kbps yang dapat disediakan oleh rangkaian tersakelar GSM. Kanal-kanal radio ganda dapat dialokasikan bagi seorang pengguna dan kanal yang sama dapat pula digunakan secara berbagi ('sharing') di antara beberapa pengguna sehingga menjadi sangat efisien.

Jadi, transmisi data pada jaringan GSM memberikan banyak keuntungan bagi para pelanggan komunikasi bergerak yang mobilitasnya tinggi. Dengan berkembangnya teknologi GPRS akan meningkatkan efisiensi pemakaian kanal dan bandwidth yang lebih lebar yang dapat digunakan, sehingga pada akhirnya dapat memperkecil biaya komunikasi data bergerak tersebut.

Korelasi GPRS dengan CDMA

Teknologi CDMA adalah teknologi jaringan selular nirkabel yang membagi atau memisahkan setiap panggilan telepon menggunakan kode-kode khusus dan tidak berdasarkan waktu seperti pada teknologi GSM.

Korelasi GPRS dengan 1G, 2G, 3G, dan 4G
1G adalah singkatan Generation atau generasi. 1G atau First Generation adalah generasi pertama jaringan telepon selular. Sistem ini masih menggunakan sistem analog.
2G atau Second Generation adalah teknologi selular generasi kedua. Teknologi ini menggunakan sistem digital dan menggantikan teknologi analog yang digunakan pada 1G. Teknologi ini memungkinkan pengguna bukan hanya dapat melakukan pembicaraan telepon namun juga mengirimkan teks atau SMS.  Yang termasuk dalam kategori teknologi 2G adalah teknologi GSM dan CDMA2000 1xRTT.
1G dan 2G adalah teknologi yang digunakan oleh GSM, dimana GSM termasuk dalam teknologi telepon generasi kedua (2G) yang menggunakan teknologi digital untuk menggantikan sistem analog yang digunakan pada generasi pertama (1G).
Selain teknologi 2G, terdapat juga teknologi 2.5 G atau dikenal dengan GPRS dan teknologi 2.75G atau EDGE. Dengan munculnya teknologi GPRS dan EDGE memungkinkan pengguna bukan hanya melakukan komunikasi melalui suara dan teks saja, namun juga melalui layanan data, seperti internet atau MMS (Multimedia Messaging Service).
3G atau Third Generation Technology adalah teknologi digital generasi ketiga yang memiliki kemampuan transfer data lebih cepat dari 2G. Teknologi 3G terkadang dikenal dengan nama UMTS atau W-CDMA yang digunakan pada handphone atau perangkat komunikasi yang berjalan di jalur GSM. Bagi handphone atau perangkat komunikasi  yang menggunakan jaringan CDMA, teknologi 3G yang digunakan bernama CDMA2000 1xEV-DO. Sebuah teknologi seluler dapat dikatakan 3G apabila memiliki kecepatan downlink minimal 384 kbit/s.
4G atau Fourth Generation adalah teknologi penerus 3G yang memiliki kecepatan transfer data lebih cepat dan lebih baik. Yang termasuk dalam generasi 4G adalah LTE dan WiMAX. Salah satu penyedia jasa layanan 4G di Indonesia adalah Sitra Wimax, namun saat ini areanya masih sangat terbatas dan layanan ini belum dapatmobile atau dibawa berpegian, jadi untuk sementara teknologi 4G di Indonesia belum dapat digunakan pada handphone


0 komentar:

Posting Komentar

 

Pischa Puspita Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting